Tugas 3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2

 

3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2

 

Donna Gumala Sari, S.Pd

SDN 1 Padang Panjang Barat

CGP Angkatan 6 Kota Padang Panjang

 

Tujuan Pembelajaran Khusus:

  1. CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
  2. CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
  3. CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
  4. CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.

Tugas demonstrasi kontekstuan modul 3.2 yaitu menganalisis tayangan video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid. Video ini bisa di lihat di LMS CGP atau di link https://www.youtube.com/watch?v=YMflitCt1yI&t=16s

Pertanyaan - pertanyaan untuk menganalisis video di atas adalah sebagai berikut:

1.  Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?

“Terwujudnya murid yang berkarakter, kreatif dan mandiri dalam merdeka belajar”

2.  Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

“Mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar sehingga menjadi penyemangat belajar murid secara berkelanjutan”

 

3.  Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?

“Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar sehingga menjadi penyemangat belajar murid secara berkelanjutan?”

4.  Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:

    1. B (Buat Pertanyaan utama / Define)

    1. A (Ambil Pelajaran / Discover)

    1. G (Gali Mimpi)

    1. J (Jabarkan Rencana / Design)

    1. A (Atur Eksekusi / Deliver)

5.  Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?

Peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video di atas:

a.     Guru sebagai fasilitator.

Guru memfasilitasi murid untuk mewujudkan kelas impian yang nyaman dan menyenangkan sehingga bisa meningkatkan semangat belajar murid

b.    Guru berpihak pada murid

Guru melibatkan murid secara penuh dalam mewujudkan kelas impian

c.    Guru memanfaatkan aset yang ada di kelas dan di sekolah secara optimal untuk mewujudkan kelas impian yang sesuai dengan harapan murid

6.  Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?

 

Modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video di atas yaitu:

1.        Modal manusia

Modal manusia terdiri atas kepala sekolah dan rekan sejawat yang mendukung perubahan positif ini. Guru yang aktif, kreatif, inovatif, mandiri, dan mampu berkolaborai dalam mewujudkan kelas yang aman dan menyenangkan. Lalu ada murid yang semangat, punya rasa ingin tahu yang tinggi, dan percaya diri untuk mewujudkan kelas impian yang nyaman dan menyenangkan.

 

2.      Modal Sosial

Bisa membangun relasi yang baik dengan rekan sejawat, gotong royong yang dilakukan murid untuk mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan, dan adanya interaksi dengan murid kelas 2 dan 6.

 

3.      Modal budaya

Modal budaya yang terlihat pada video tersebut yaitu adanya gotong royong dan Kerjasama murid dalam mewujudkan kelas impian yang nyaman dan menyenangkan.

 

4.      Modal Finansial

Adanya pembiayaan dari sekolah untuk perlengkapan yang digunakan dalam menghias kelas impian yang nyaman dan menyenangkan.

 

5.      Modal Fisik

Modal fisik terlihat dari ketersediaan kelas yang akan dijadikan kelas yang nyaman dan menyenangkan.

 

6.      Modal lingkungan / alam

Adanya lingkungan yang mendukung dan tersedianya beberapa bahan alam yang bisa digunakan untuk menghias kelas seperti daun kering, biji-bijian dan lain-lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Skenario Segitiga Restitusi