Tugas 3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2
3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2
Donna Gumala Sari, S.Pd
SDN 1 Padang Panjang Barat
CGP Angkatan 6 Kota Padang
Panjang
Tujuan Pembelajaran Khusus:
- CGP
dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video
praktik baik yang ada.
- CGP
dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan
masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
- CGP
dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
- CGP
dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video
praktik baik ini.
Tugas demonstrasi kontekstuan modul 3.2 yaitu menganalisis
tayangan video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah
untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid. Video ini bisa di lihat di LMS
CGP atau di link https://www.youtube.com/watch?v=YMflitCt1yI&t=16s
Pertanyaan - pertanyaan untuk menganalisis video di
atas adalah sebagai berikut:
1.
Kira-kira apakah visi dari
sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?
“Terwujudnya murid yang berkarakter,
kreatif dan mandiri dalam merdeka belajar”
2. Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan
video?
“Mewujudkan
kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar sehingga menjadi penyemangat
belajar murid secara berkelanjutan”
3.
Apakah Pertanyaan Utama dari
kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?
“Bagaimana cara mewujudkan kelas yang
nyaman dan menyenangkan untuk belajar sehingga menjadi penyemangat belajar
murid secara berkelanjutan?”
4.
Kegiatan/tindakan apa yang
dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:
- B (Buat Pertanyaan utama / Define)
- A (Ambil Pelajaran / Discover)
- G (Gali Mimpi)
- J (Jabarkan Rencana / Design)
- A (Atur Eksekusi / Deliver)
5. Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?
Peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video di atas:
a. Guru sebagai
fasilitator.
Guru memfasilitasi murid untuk mewujudkan kelas impian yang nyaman dan
menyenangkan sehingga bisa meningkatkan semangat belajar murid
b. Guru berpihak pada murid
Guru melibatkan murid secara penuh dalam mewujudkan kelas impian
c. Guru memanfaatkan aset yang ada di kelas dan di
sekolah secara optimal untuk mewujudkan kelas impian yang sesuai dengan harapan
murid
6.
Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan
tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?
Modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan
video di atas yaitu:
1.
Modal
manusia
Modal manusia terdiri atas kepala
sekolah dan rekan sejawat yang mendukung perubahan positif ini. Guru yang
aktif, kreatif, inovatif, mandiri, dan mampu berkolaborai dalam mewujudkan
kelas yang aman dan menyenangkan. Lalu ada murid yang semangat, punya rasa
ingin tahu yang tinggi, dan percaya diri untuk mewujudkan kelas impian yang
nyaman dan menyenangkan.
2.
Modal
Sosial
Bisa membangun relasi yang baik dengan
rekan sejawat, gotong royong yang dilakukan murid untuk mewujudkan kelas yang
nyaman dan menyenangkan, dan adanya interaksi dengan murid kelas 2 dan 6.
3.
Modal
budaya
Modal budaya yang terlihat pada video
tersebut yaitu adanya gotong royong dan Kerjasama murid dalam mewujudkan kelas
impian yang nyaman dan menyenangkan.
4.
Modal
Finansial
Adanya pembiayaan dari sekolah untuk
perlengkapan yang digunakan dalam menghias kelas impian yang nyaman dan
menyenangkan.
5.
Modal Fisik
Modal fisik terlihat dari ketersediaan
kelas yang akan dijadikan kelas yang nyaman dan menyenangkan.
6.
Modal
lingkungan / alam
Adanya lingkungan yang mendukung dan tersedianya
beberapa bahan alam yang bisa digunakan untuk menghias kelas seperti daun
kering, biji-bijian dan lain-lain.
Komentar
Posting Komentar