Tips Menulis Ala Bu Kanjeng


“If there’s a book that you want to read, but it hasn’t been written yet, then you must write it.” – Toni Morrison.

 

Sri Sugiastuti atau lebih dikenal dengan sebutan Bu Kanjeng mulai menerbitkan buku pada awal tahun 2009. Beliau sudah menyukai kegiatan menulis sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Beliau mulai menulis dari hal yang sederhana seperti membuat buku kenangan, puisi, dan lirik lagu. Ketika duduk di bangku SMP, Bu Kanjeng lebih suka surat menyurat / korespondensi, mengumpulkan prangko, dan uang kuno. Ketika SMA bu Kanjeng masih melakukan kegiatan menulis seperti menulis di mading. Ketertarikan bu kanjeng akan dunia menulis tak sampai di bangku SMA saja. Bahkan ketika sudah menjadi PNS dan melanjutkan S2, beliau tetap menulis sampai akhirnya beliau mendapat tawaran yang menarik dari teman sesama guru di MGMP. Inilah yang menjadi pembuka bagi bu Kanjeng untuk menyusun buku dan diterbitkan oleh penerbit mayor. Sampai sekarang, buku yang telah beliau terbitkan sekitar 20an dari penerbit indie dan rata-rata 3 / 4 buah buku antologi setiap tahun. Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa untuk menerbitkan buku bukanlah sesuatu yang datang tiba-tiba tetapi membutuhkan proses.

Pada kuliah online tanggal 3 Agustus 2020, bu Kanjeng memaparkan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjadi penulis. Tips pertama yaitu banyak membaca. Dengan membaca, penulis akan mendapatkan ide atau gagasan. Jenis bacaan yang dibaca tergantung pada minat dan dapat menentukan gaya penulisan. Tips menulis kedua yaitu mencoba menulis. Sekalipun tidak memiliki ide untuk dituliskan, tulis lah cerita bahwasanya tidak memiliki ide sama sekali. Tips ketiga ialah mengirimkan tulisan. Tulisan bisa dikirim ke media seperti media cetak atau jika sudah menjadi sebuah buku, bisa dikirim ke penerbit. Tips terakhir yaitu teruslah menulis. Teruslah mengembang kemampuan yang dimiliki dengan memperbanyak karya-karya.

Tidak hanya memaparkan tips untuk menjadi penulis, Bu Kanjeng juga membagi tips lain yang tak kalah penting agar menjadi penulis yang sukses. Adapun tips tersebut yaitu; tips disiplin menulis, tips memilih judul yang menarik, tips mencari ide, tips menulis cepat, tips memenangkan lomba-lomba menulis, langkah-langkah menulis buku, tips dan cara mengirimkan tulisan ke media masa, membuat pembaca penasaran, manfaat mengikuti event-event penulisan, cara mengirim naskah ke penerbit, hal yang dipertimbangkan penerbit dalam menerima naskah, waktu yang tepat untuk menulis, banyak cara menerbitkan buku dan jadi penulis, di belakang buku, tips yang perlu dilakukan penulis setelah bukunya terbit, dan yang terakhir jalan untuk menjadi penulis sukses.

 


Komentar

  1. Membaca tulisan Ibu (semoga tidak salah) jadi penasaran kepengin tahu tips-tips selengkapnya. Salam penulis pemula.

    BalasHapus
  2. Mantap resumenya, Top...

    semangat menulis berguru pada narasumber yang hebat

    salam kenal saya Pak Etik Nurinto dari Kabupaten Pemalang

    Silahkan berkunjung
    http://etiknurintobantarbolangpemalang.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Asyiiiik....membaca goresan penamu melalui jari jarimu yg lentik....rasanya kelopak mata ini enggan berkedip. Lagi dan lagi tak ingin mengakhiri bacaan ini. Okay....kukejar dirimu tetaplah di posisimu. Biar kudapat menggapaimu. Menggapai tulisan tulisan tinta emasmu agar aku juga dapat nergema. (Jauh dari KEJARLAH DAKU KAU KUTANGKAP)

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah sudah meresume dengan baik semoga bisa action menulis dan menerbitkan buku.

    BalasHapus
  5. Dengan pengalaman segudang membuat kisah nyata bu kanjeng menjadi spirit motivasi utk selalu berprestasi.

    BalasHapus
  6. Melalui pengalaman yang di dapat dari Bu Kanjeng, semoga menginspirasi kita untuk tetap semangat menulis...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Skenario Segitiga Restitusi

Tugas 3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2